Sunday, June 17, 2012

SPORT: SEPUTAR PIALA EROPA UKRAINA & POLANDIA

Piala eropa Ukraina & Polandia Grup B dinihari tadi menghasilkan 2 Tim yang berhak lolos ke babak perempat final Jerman dan Portugal

JERMAN
Tiga pertandingan dan tiga kemenangan jadi catatan hebat Jerman di fase grup Piala Eropa 2012. Der Panzer pun mencatatkan rekor-rekor baru bersama pasukan mudanya.

Dua gol Lukas Podolski Lars Bender memberi Jerman kemenangan 2-1 atas Denmark di pertandingan terakhir fase Grup B. Tiga poin dari laga tersebut memastikan Der Panzer lolos sebagai pemuncak klasemen Grup B.

Sukses mengalahkan Denmark tersebut menyempurnakan penampilan anak didik Joachim Loew, setelah pada dua pertandingan awal juga memetik kemenangan atas Portugal dan Belanda. Ini mencatatkan rekor tersendiri buat Jerman karena di turnamen mayor manapun (PIala Eropa dan Piala Dunia) belum pernah mereka mengumpulkan hasil 100% kemenangan di fase grup.

Tiga kemenangan di fase Grup B juga menjaga 'kesucian' Jerman. Soalnya sedari babak kualifikasi Mesut Oezil dkk belum sekalipun menelan kekalahan. Di 10 laga yang dilalui di kualifikasi, Jerman malah menuntaskannya dengan menyapu bersih kemenangan.

Total di beragam pertandingan resmi yang dijalani, Jerman telah menorehkan 14 kemenangan beruntun. Hingga kini, tak ada ada satupun negara di Eropa pernah menorehkan sukses hebat seperti ini.

Hebatnya, catatan tersebut ditorehkan Jerman dengan skuad yang punya rata-rata umur paling belia di Euro 2012. Dalam laga kontra Denmark beberapa jam lalu, rata-rata usia pemain Jerman yang dipasang sebagai starter adalah 25 tahun dan 107 hari. Ini merupakan rekor starting line up termuda sepanjang sejarah Piala Eropa. Demikian dikutip dari Opta.

PORTUGAL
Cristiano Ronaldo menjawab kritikan dari luar dengan penampilan di atas lapangan. CR7 bak mengamuk ketika dirinya menjadi pahlawan kemenangan Portugal atas Belanda.

Mari kita mundur sedikit sebelum laga Portugal vs Belanda dimulai. Ketika Portugal menghadapi Denmark. Laga yang kemudian akan diingat Ronaldo karena beberapa hal. Portugal memang menang pada laga tersebut, tetapi Ronaldo sendiri bisa dibilang "kalah".

Ronaldo punya dua peluang pada laga tersebut. Satu tendangannya melambung, sementara yang lainnya disebut oleh komentator pertandingan "the miss of the championship". Hanya tinggal berhadapan dengan kiper Stephan Andersen, ia melepaskan sebuah tendangan ke arah kanan. Hasilnya? Bola menyamping.

Penderitaan Ronaldo tidak sampai di situ. Para pendukung tim lawan juga mengejeknya dengan teriakan "Messi!" tiap kali ia mengontrol bola. Ejekan ini kemudian membuatnya berang, ketika jurnalis menanyakan pendapatnya mengenai hal tersebut.

"Kamu tahu di mana dia (Messi) pada saat yang sama (tahun lalu)? Kamu tahu? Dia tersingkir dari Copa America yang diadakan di negaranya sendiri. Menurutku, itu lebih buruk, bukan?" ucapnya.

Tapi, Ronaldo kemudian membuktikan diri. Turun bertanding di kota Kharkiv dengan mimik wajah serius sejak awal laga, Senin (18/6/2012), ia tampil sebagai pahlawan Portugal lewat dua golnya.

Gol pertama Ronaldo lahir di menit ke-28, usai dirinya menerima umpan terobosan dari Joao Perreira. Sedangkan yang kedua hadir setelah dirinya mendapatkan umpan matang dari Nani. Keunggulan 1-0 yang sempat didapatkan Belanda pun jadi tak berarti. Ronaldo pun membawa timnya melaju ke perempatfinal.

Catatan statistik pun menunjukkan bahwa meski menemui kegagalan, Ronaldo tetap tidak berhenti berusaha menjebol gawang lawan. Seperti dilansir InfoStrada, pemain Real Madrid tersebut punya catatan 17 shots dengan 11 di antaranya berstatus tepat sasaran. Catatan ini, menjadikannya pemain yang paling banyak melepaskan tembakan di Euro 2012 sampai saat ini.

Dua gol Ronaldo ke gawang Belanda juga membuatnya menorehkan catatan lain. Ia menjadi pemain ketujuh yang bisa mencetak gol di tiga perhelatan Piala Eropa berbeda (2004, 2008, dan 2012). Enam pemain lainnya adalah Zlatan Ibrahimovic, Thierry Henry, Vladimir Smicer, Nuno Gomes, Helder Postiga, dan Jurgen Klinsmann.

Ronaldo juga menjadi pemain pertama Portugal yang sukses mencetak gol di lima turnamen besar, yakni Piala Eropa 2004, 2008, dan 2012, serta Piala Dunia 2006 dan 2010.

Source By: Detiksport

No comments:

Post a Comment

Saya tidak online setiap hari, jadi mohon maaf apabila saya telat membalas komentar nya, dan mohon beritahu apabila ada Link download yang corupt!